Selasa, 02 Agustus 2016

Mengenal Lokomotif CC203


Mengenal CC203

 
Lokomotif CC 203 adalah lokomotive milik PT Kereta Api Indonesia yang diproduksi oleh General Electric Transportation dan PT GE Lokomotif Indonesia dengan nomor model U20C. Menurut Ir. Hartono, A.S., M.M., dosen STTD Bekasi, dalam komentarnya di Majalah KA edisi Mei 2014, lokomotif ini adalah "lokomotif hasil pengembangan desain dari lokomotif CC 201" dari segi data teknis, namun pada bentuk kabin masinis ujung pendeknya yang aerodinamis, serta diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang liar.
Lokomotif ini bergandar Co'Co'. Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie yang mempunyai tiga poros/gandar penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor traksi tersendiri.
Yang membedakan adalah lokomotif CC 203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat Turbocharger sehingga dayanya mesinnya 2.150 hp.


Desainer: GE Transportation dan UGL Rail
Perusahaan pembuat: GE Transportation
PT GE Lokomotif Indonesia
Nomor seri: CC 203
Model: GE U20C
Tanggal dibuat: 1995-2002
Jumlah dibuat: 41 unit
Data teknis
Roda
Susunan roda AAR: C-C
Klasifikasi UIC: Co'Co'
Dimensi
Lebar sepur: 1067 mm
Diameter roda: 914 mm
Panjang: 14.135 mm
Lebar: 2.642 mm
Tinggi (maksimum): 3.637 mm
Jarak antara alat perangkai: 15.214 mm
Jarak antar pivot: 7.680 mm
Jarak gandar: 3.304 mm
Tinggi alat perangkai: 775 mm
Berat
Berat kosong: 78 ton
Berat siap: 84 ton
Berat adhesi: 84 ton
Bahan bakar dan kapasitas
Jenis bahan bakar: High-Speed Diesel
Kapasitas bahan bakar: 3.028 liter
Kapasitas pelumas: 984 liter
Kapasitas pendingin: 684 liter
Kapasitas bak pasir: 510 liter
Mesin, motor traksi, dan converter
Penggerak utama: GE 7FDL-8
Jenis mesin: 4 langkah, 2 tingkat Turbocharger
Generator: GT 581
Motor traksi: 6 unit
Tipe: GE 761, DC-DC
Transmisi dan kinerja
Perbandingan roda gigi: 90:21
Kecepatan maksimum: 120 km/jam
Kecepatan minimum kontinu: 24 km/jam
Daya mesin: 2.150 hp
Daya ke generator/converter: 2.000 hp
Jari-jari lengkung terkecil: 56.7 m
Lain-lain
Rem lokomotif: Rem udara tekan, dynamic brake, rem parkir
Sistem keselamatan: Locotrack, Vigilance control panel
Tipe kompresor: Gardner Denver WBO
Jenis suling lokomotif: WABCO AA-2
Informasi kepemilikan dan karier
Perusahaan pemilik: PT Kereta Api Indonesia
PT Tanjung Enim Lestari Pulp and Paper
Daerah operasi: Pulau Jawa dan Sumatera Selatan
Pertama dinas 1995
bersamaan dengan peluncuran KA Argo Bromo
Keadaan: Semua beroperasi

Sumber: https://id.wikipedia.org  Dan maaf jika ada copy maklum baru buat













































































































             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar